Menu Close

Komputerisasi saat ini menjadi bagian yang tidak bisa dilepaskan dalam pekerjaan perkantoran. Kemudahan, ketepatan dan kecepatan merupakan keunggulan yang ditawarkan oleh sistem ini baik offline maupun online. Apalagi dimasa pandemi seperti ini, kebutuhan digital sangat diperlukan agar pekerjaan tetap dapat berjalan seperti penggunaan zoom untuk meeting, penggunaan google class room untuk pembelajaran, aplikasi qurban online dan lain sebagainya tanpa harus bertatap muka langsung. Dilembaga pemerintahan daerah juga demikian, misalnya Dinpendukcapil yang sudah menerapkan pelayanan administrasi kependudukan online dengan tanda tangan digital. Bukankah semua itu sangat membantu penyedia layanan dan pengguna layanan.

Mendasari hal tersebut, Kepala Desa Kalikajar berinisiasi untuk membuat suatu layanan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dalam rangka mempermudah pengurusan surat pengantar dari desa. Setelah dibahas bersama dengan perangkat desa lainnya, dengan melihat kesiapan operator dan sarana prasarana penunjangnya, pelayanan mandiri disiapkan. Dengan menggunakan aplikasi OpenSid yang diperoleh secara gratis, Pemerintah Desa Kalikajar kemarin pada hari Rabu tanggal 26 Agustus mengadakan sosialisasi layanan mandiri pengurusan administrasi kependudukan.

Sosialisasi tersebut disambut baik oleh BPD dan undangan yang hadir, mengingat layanan tersebut bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Yono dalam sosialisasinya menerangkan bahwa layanan tersebut digunakan untuk mencetak surat yang dikeluarkan oleh Pemerintah Desa dan dikelola oleh Pemerintah Desa. Lebih lanjut Yono menjelaskan bahwa aplikasi layanan mandiri tersebut tidak terhubung langsung dengan database Dinpendukcapil ataupun instansi pemerintahan lainnya sehingga dimungkinkan ada perbedaan data.

foto tutorial layanan mandiri di kalikajar.site

Dalam sosialisasi tersebut, ditampilkan tutorial baik dengan video ataupun cetakan. Tutorial juga dipasang diwebsite agar bisa dilihat kapanpun dan dimanapun oleh masyarakat dalam rangka penggunaan layanan mandiri tersebut. Pemerintah Desa juga menyediakan aplikasi android guna mempermudah akses layanan dan pemberitaan desa. Dengan memasang aplikasi android tersebut masyarakat bisa mendapatkan layanan berita desa dan layanan mandiri dalam genggaman. Akses tutorial, pendaftaran dan penggunaan layanan mandiri via aplikasi android kalika jadi lebih mudah.

Link download aplikasi android kalika : kalikajar.desa.id
Link tutorial video/ dokumen : kalikajar.site

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *